15.1.12

Sik Asik-nya Teka-Teki

Tanpa dinyana, saya dan si bapak asyik bergumul dengan soal teka-teki silang yang nongol di halaman koran jawa pos hari minggu tadi. Saking serius dan tekunnya, tak jarang perang kata-kata dan kengototan kecil akan jawaban dari soal yang ada jadi hiasan obrolan seru kami pagi itu. Daann? Welll, sekitar 2 jam-an kemudian kami berdua sukses bekerja sama mengisi seluruh kotak yang ada dalam larik-larik TTS koran jawa pos tersebut

Obrolan berlanjut dengan ujaran dari saya, "Hmm sekarang ngapain yaa?".

Habis duduk-duduk santai gak jelas, petanting sana-petanting sini, sedangkan si bapak sudah lanjut dengan keasyikan membaca halaman olahraga, terbersit dan melangkahlah kaki saya menuju gundukan kertas di ruangan sebelah gazebo. Obrak-abrik sana-sini, hummpp menumpuklah beberapa halaman koran yang terbit di hari-hari minggu yang sudah-sudah. Yap, ketagihan buat lanjotttt..., isi TTS lageee...:-).

Dan.., ngikutlah si bapak bergumul kembali bersama saya bekerja sama mengisi TTS (lagi).

Nah apa sih asyiknya ngisi TTS? Jawaban saya sederhana. Kalau pas lagi 'mood' banget, ya asyiiiiiiiiiikkk banget. Ketagihan pe bosen-bosen dah.

Teka Teki Silang atau disingkat TTS adalah suatu permainan di mana kita harus mengisi ruang-ruang kosong (berbentuk kotak putih) dengan huruf-huruf yang membentuk sebuah kata berdasarkan petunjuk yang diberikan. Petunjuknya biasa dibagi ke dalam kategori 'Mendatar' dan 'Menurun' tergantung posisi kata-kata yang harus diisi.

Dengan memainkan permainan ini, hal yang sangat terasa adalah bahwa otak saya dipaksa untuk berpikir lebih keras untuk menemukan sebuah jawaban. Memunculkan reaksi keinginan untuk berhasil memecahkan seluruh isi dalam kotak dan menjadi pemecah rekor untuk diri sendiri. Dan menunjukkan kepada orang lain bahwa kotak-kotak tersebut telah terisi penuh? Hmm terasa seperti menunjukkan sesuatu yang apaaa gituuu, yang wahhh bangeeeetttt gituuu, yang super bangeeeetttt gituuu, yang hebaaattt bangeeeettttt gitu...!! Hahaha, berasa lebih super dari superman, superwoman, dan tokoh-tokoh heroik lainnya.

Pengetahuan menjadi bertambah, perbendaharaan kata semakin banyak dan semangat untuk mencapai atau memperoleh sesuatu semakin tumbuh. Yey. (gn)

No comments:

Post a Comment