15.12.11

Belajar 'Nyuport' dan Belajar Jadi Suporter

Sepak Bola. Siapa yang tidak kenal dengan olahraga 'rakyat' satu ini. Dan bukan orang NGALAM (red: bahasa walikan yang berarti Malang) kalau tidak kenal dengan AREMA, klub besar asli Malang yang prestasinya tidak perlu diragukan lagi di Indonesia.

Jersey saya

Hujan deras yang mengguyur Kota Malang sejak 2 jam menjelang pertandingan tak menyurutkan langkah-langkah Aremania, walau harus menonton sambil beratribut ponco jas hujan. Foto di bawah ini saya ambil ketika hujan sudah sedikit reda. Walau setelah itu dan selama pertandingan berlangsung gerimis beberapa kali  masih mengguyur.



Daann? Tengok juga deh aremania-aremania kecil berikut. Dari pengamatan saya sih mereka sepertinya tidak didampingi oleh orang tua atau orang dewasa. Ini membuktikan wabah sepak bola memang sangat merakyat. Bahkan ke anak kecil sekalipun.





Berikut ini adalah suasana latihan di lapangan sesaat menjelang pertandingan Arema melawan PSMS Medan.












Bagaimana suasana masing-masing tribun 5 menit menjelang pertandingan? Huhu rada sepi sih. Mungkin karena hujan yang sebelumnya deras banget. Ketika pertandingan pun hujan juga beberapa kali mengguyur saya dan penonton.

Tribun ekonomi (tengah). sekaligus tribun yang paling ramai dan favorit penonton

Tribun VIP dan tribun utama
Tribun ekonomi (utara, belakang gawang)


Nah.., akhirnya tiba yang dinanti-nanti. Tim inti dari PSMS Medan dan Arema, yang akan bertanding, memasuki lapangan untuk melakukan kick off babak pertama.



Lihat deh bagaimana kompaknya suporter Aremania menyambut klub kebanggaan mereka ,Arema, yang akan segera bertanding.



Dan semuanya pun juga kompak bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum kick off babak pertama dimulai. Hanya sayangnya masih banyak yang belum tergerak untuk berdiri sejenak.




Dan pertandingan pun dimulai setelah wasit meniup peluitnya. Semua suporter berharap-harap cemas dan mendoakan agar Arema menang dalam pertandingan perdananya di Laga IPL (Indonesia Primer League) ini



Selama pertandingan di dalam tribun berseliweran berbagai pemandangan, antara lain mereka yang juga mengais rizki dari pertandingan sepak bola. Alhamdulillah yaaa...? :-)







Ketika jeda pertandingan antara babak pertama dan kedua, bocah-bocah pengambil dan pemungut bola memanfaatkan untuk bermain sepak bola ringan di pinggir lapangan. Para pemain Arema cadangan pun juga memanfaatkannya untuk melakukan pemanasan.



Oya patut berterimakasih sama bapak-bapak perkasa ini juga dehh! Yang kuat banget berdiri terus selama pertandingan dan matanya awas mengawasi setiap gerak-gerik penonton.




Berikut ini adalah reportase pertandingan antara Arema melawan PSMS Medan pada laga perdana Arema di IPL tersebut: klik di sini


(by gn)

No comments:

Post a Comment