6.3.12

Perempuan Dan Menikah

Gambar dipinjam dari sini
Tergelitik oleh video yang diunggah oleh Yahoo! She Indonesia yang ber-title Real Women Real Answers - Perlukah Menikah, saya tertarik untuk memberikan pendapat saya terkait topik yang diangkat tersebut.

Simak videonya:


Menikah itu menurut saya pada dasarnya adalah pilihan. Pilihan untuk melangkah dan menerima paket lengkap duka dan bahagia yang ada dalam 'pernikahan'. Karena memang tak ada jaminan bahwa pernikahan itu isinya adalah bahagia 100%. Duka 100%? Itu juga misteri.

Kalau ditanya apakah perempuan harus menikah?
Jawaban saya jelas, "ENGGAK HARUS".

Mengapa? Karena memang sekali lagi menikah itu pilihan. Dan setiap orang punya hak asasi untuk memilih jalan untuk menikah atau tak menikah. Yang memutuskan menikah pasti punya alasan. Dan yang takut, masih takut atau yang memutuskan tak menikah pun pasti juga memiliki pertimbangan.

Cuma, hidup memang tak bisa sebebas yang dibayangkan. Apalagi bila mengingat bahwa kita (perempuan) hidup dengan label 'makhluk sosial'. Banyak yang juga harus kita pikirkan (keluarga, orang tua terutama). Di sinilah menikah biasanya menjadi seolah keharusan bagi yang enggan. Dengan alasan membahagiakan yang ingin dibahagiakan.

Apakah perempuan perlu menikah?
Jawaban saya lugas, 'tergantung kebutuhan'!
Kalau butuh punya anak secara legal agama dan negara, nikah ya sangat perlu. Eits, tapi menikah bukan cuma urusan keturunan.
Kalau ingin memiliki pasangan yang mana terhormat secara sosial di mata masyarakat, ya nikah itu harus, daripada ada gunjingan sana-sini karena kumpul kebo.
Mengikuti sunnah rosul? Menikahlah!
Butuh rasa aman batin dan sosial? Menikahlah. Menikah itu masalah status. Segala hal yang diperoleh dalam hubungan laki-laki dan perempuan bisa juga kok diperoleh dengan tanpa menikah. Tapi tidak untuk rasa aman batin dan sosial.

Yah sekali lagi pilihan! Hidup memang harus memilih. Dan seyogyanya apapun pilihannya, kita sanggup mempertanggungjawabkannya, setidaknya pada diri kita sendiri!

Kebahagian maksimalmu tergantung pada 'pilihan'mu!
Menikah atau tidak, it's your choice girl! (gn)

No comments:

Post a Comment